PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) GENAP
TAHUN PELAJARAN
2019/2020
SMP IT YANUBA
Nama
Siswa :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Semester/Kelas :
Il (Delapan)
Guru Mata Pelajaran : Maria Ulfah Ernawati, S.Pd.
A.
Berilah
tanda silang (X) huruf a, b, c atau d pada jawaban yang benar!
1. Dibandingkan dengan
karya sastra sejenis lainnya, novel ini kurang berbobot. Lukisan perwatakan
kurang begitu mendalam, jalan ceritanya terkesan mendatar saja, tidak ada
hal-hal yang menarik perhatian pembaca.
Penggalan teks ulasan di atas merupakan bagian...
a. Simpulan teks
b. Kelemahan teks
c. Latar teks
d. Keunggulan teks
Penggalan teks ulasan di atas merupakan bagian...
a. Simpulan teks
b. Kelemahan teks
c. Latar teks
d. Keunggulan teks
2. (1) Film ini juga
dapat ditonton oleh semua umur karena tidak ada satupun adegan kekerasan atau
sensual. (2) Diharapkan di waktu mendatang, semakin banyak produser film
Indonesia yang termotivasi untuk membuat film dengan kualitas yang sama, bahkan
bisa melebihi film Laskar Pelangi. (3) Film Laskar Pelangi layak disebut
sebagai salah satu film terbaik Indonesia sepanjang masa. (4) Meskipun film ini
diproduksi pada tahun 2008, Laskar Pelangi masih layak untuk ditonton kapanpun
secara berulang-ulang.
Urutan teks tersebut agar menjadi teks ulasan yang baik adalah...
a. (3)-(4)-(1)-(2)
b. (1)-(4)-(3)-(2)
c. (1)-(2)-(4)-(3)
d. (3)-(1)-(4)-(2)
Urutan teks tersebut agar menjadi teks ulasan yang baik adalah...
a. (3)-(4)-(1)-(2)
b. (1)-(4)-(3)-(2)
c. (1)-(2)-(4)-(3)
d. (3)-(1)-(4)-(2)
3. Cermatilah teks
ulasan film berikut!
Penggunaan properti film Soekarno cukup menarik. Penggambaran detaildi film ini cantik. Mobil dan motor era itu dihidupkan kembali. Seragam tentara Belanda dan Jepang cukup bagus, demikian pula senjatanya [....] Foto-foto di atas meja merupakan foto reka ulang yang diisi para pemainnya, bukan foto asli Soekarno dan keluarganya, tapi dibuat dengan pose seperti aslinya.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks ulasan film tersebut adalah...
a. Beberapa
barang itu merupakan peninggalan zaman JepangPenggunaan properti film Soekarno cukup menarik. Penggambaran detaildi film ini cantik. Mobil dan motor era itu dihidupkan kembali. Seragam tentara Belanda dan Jepang cukup bagus, demikian pula senjatanya [....] Foto-foto di atas meja merupakan foto reka ulang yang diisi para pemainnya, bukan foto asli Soekarno dan keluarganya, tapi dibuat dengan pose seperti aslinya.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks ulasan film tersebut adalah...
b. Beberapa barang di era itu juga cukup
realistis
c. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia dan Belanda
c. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia dan Belanda
d. Aktornya cukup fasih mengucapkan bahasa Jepang
dan Belanda
4. Perhatikan data buku berikut!
Judul: Jangan Mau Jadi Pembolos
Penulis: Edi Warsidi
Penerbit: CV Alibaba, Manokwari
Tahun: 2010
Keunggulan:
Penampilannya lugas dan gaya bahasanya sehari-hari
Kelemahan:
Sampul buku kurang sesuai
Penulis: Edi Warsidi
Penerbit: CV Alibaba, Manokwari
Tahun: 2010
Keunggulan:
Penampilannya lugas dan gaya bahasanya sehari-hari
Kelemahan:
Sampul buku kurang sesuai
a. Teks
ulasan yang tepat berdasarkan data buku tersebut adalah …
Buku Jangan Mau Jadi pembolos karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasa sehari-hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang sesuai.
Buku Jangan Mau Jadi pembolos karya Edi Warsidi dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup berhasil mengemas penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasa sehari-hari menambah daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang sesuai.
b. Buku karya Edi Warsidi dengan penerbit CV
Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup berhasil mengemas penyampaiannya.
Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari-hari menambah daya
tarik. Sampul buku pun sesuai.
c. Buku karya Edi Warsidi dengan penerbit CV
Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, cukup berhasil mengemas penyampaiannya.
Penampilannya yang lugas dan gaya bahasanya yang sehari-hari menambah daya
tarik. Sayangnya sampul buku kurang sesuai dan membuat pembaca jenuh.
d. Buku Jangan Mau Jadi pembolos karya Edi Warsidi
dengan penerbit CV Alibaba, Manokwari, tahun 2010 ini, kurang berhasil mengemas
penyampaiannya. Penampilannya yang lugas dan gaya bahasa sehari-hari menambah
daya tarik. Sayangnya sampul buku kurang sesuai.
5. Bacalah teks berikut!
(1) Buku berjudul Tidur Berbantal Koran merupakan
autobiografi pengarangnya, yaitu N. Mursidi. Semua pengalaman N. Mursidi mulai
menjadi penjaja koran hingga menjadi penulis dan wartawan ibu kota disajikan
dengan jelas dalam autobiografi ini. (2) Sampul buku ini cukup menarik. Tulisan
disajikan secara mengalir dan diselingi cerita-cerita pengalaman menarik dan
lucu. Bahasa yang digunakan pun mudah dicerna. (3) Satu-satunya kritik terhadap
buku ini tertuju pada label yang diberikan penerbit. Pada sampul buku ini
tertulis “Sebuah Novel”, padahal pada bagian pendahuluan disebutkan
autobiografi. (4) Singkatnya, buku ini akan mendorong pembaca untuk tidak
menyerah dalam menggapai mimpi walau seribu kesulitan dan tantangan menghadang.
Pernyataan berupa keunggulan buku terdapat pada bagian ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
Pernyataan berupa keunggulan buku terdapat pada bagian ….
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
6.Berikut ini yang tidak termasuk langkah-langkah
menulis teks ulasan karya sastra adalah...
a. Menentukan jenis karya sastra yang akan diulas
b. Menilai isi karya sastra yang diulas
c. Menaksir jumlah buku percetakan
d. Menentukan bagian yang menarik dari karya satra
a. Menentukan jenis karya sastra yang akan diulas
b. Menilai isi karya sastra yang diulas
c. Menaksir jumlah buku percetakan
d. Menentukan bagian yang menarik dari karya satra
7. Urutan struktur teks ulasan yang benar
adalah...
a. Identitas karya, orientasi, sinopsis, analisis, evaluasi
b. Identitas karya, sinopsis, analisis, evaluasi
c. Identitas karya, orietasi, analisis, sinopsis, evaluasi
d. Identitas karya, orientasi, analisis, evaluasi, sinopsis
a. Identitas karya, orientasi, sinopsis, analisis, evaluasi
b. Identitas karya, sinopsis, analisis, evaluasi
c. Identitas karya, orietasi, analisis, sinopsis, evaluasi
d. Identitas karya, orientasi, analisis, evaluasi, sinopsis
8. Teks ulasan adalah teks yang berisi tinjauan
suatu karya untuk mengetahui kualitas,
kelebihan, dan kekurangan yang dimiliki karya tersebut yang ditujukan
untuk pembaca atau pendengar khalayak ramai. Karya yang dimaksud dapat berupa
berikut, kecuali...
a. Buku kumpulan cerpen
b. Pementasan teater
c. Film
d. Radio
a. Buku kumpulan cerpen
b. Pementasan teater
c. Film
d. Radio
9. Teks ulasan merupakan komentar terhadap suatu karya. Di bawah ini
karya yang diulas, kecuali ...
a. .Film
b. Drama
c.
Teks
Persuasif
d. Sastra
10. Teks ulasan yang mengulas berupa karya tulis
disebut ......
a. Fiksi
b. Non fiksi
c. Nilai buku
d. Resensi
11. Kelebihan dan kekurangan karya yang ditulis
dalam teks ulasan disebut .....
a. Evaluasi
b. Rekomendasi
c. Orientasi
d. Komplikasi
12. Ciri-ciri penggunaan konjungsi penyebab
yaitu ......
a. Sehingga
b. Karena
c.
Sebaiknya
d.
Bahwa
13.
Teks ulasan merupakan komentar terhadap suatu karya atas sudut pandang ......
a.
Pembaca
b. Penulis
c.
Komentator
d.
Penulis lain
14.
Mencatat aspek penting secara bab per bab dari suatu karya merupakan bagian
.... karangan.
a. Kerangka
b.
Orientasi
c.
Evaluasi
d.
Rekomendasi
15.
Berikut ini yang bukan bagian fisik ulasan, adalah ......
a.
Judul
b. Tanggal
pembuatan
c.
Penervbit
d.
Pengarang
16. Di bawah ini merupakan inti teks persuasi,
kecuali ....
a. argumentasi
b. fakta
c. ajakan
d. penegasan kembali
17. Teks persuasi merupalan teks yang berisi ….
a. Penjelasan
b. Urutan peristiwa
c. Himbauan
d. Langkah-langkah
18. Rumusan akhir tentang sesuatu
yang disusun berdasarkan pemahaman atau penalaran kita terhadap keseluruhan isi
teks itu disebut dengan ...
a. Simpulan
b. Ajakan
c. Argumentasi
d. Fakta
19. Berikut adalah langkah-langkah untuk merumuskan
simpulan, kecuali .....
a. Membaca keseluruhan isi teks.
b. Mencatat bagian-bagian penting
dari isi teks itu.
c. Memahami hubungan logis
antarbagian penting teks itu.
d. Mencatat ulang antarbagian
penting teks itu.
20. Struktur teks persuasi adalah .....
a. Pengenalan isu - pernyataan
ajakan - rangkaian argumen - penegasan kembali.
b. Pengenalan isu - rangkaian
argumen - pernyataan ajalan - penegasan kembali.
c. Pernyataan ajakan - pengenalan
isu - rangkaian argumen - penegasan kembali.
d. Rangkaian argumen - pernyataan
ajakan - pengenalan isu - penegasan kembali.
21. Ungkapan-ungkapan seperti demikianlah, dengan demikian, oleh karena
itulah merupakan ciri kebahasaan dari struktur ....
a. Penegasan kembali
b. Pengenalan isu
c. Pernyataan ajakan
d. Rangkaian argumen
22. Berikut adalah ciri kebahasaan teks
persuasi, kecuali ...
a. Menggunakan kata kerja mental.
b. Menggunakan kata penghubung
argumentatif.
c. Menggunakan kata penghubung
urutan
d. Menggunakan kata-kata perujukan
23. Bacalah kutipan teks berikut! Untuk no 23
dan 24
Tokoh kartun Shincan dianggap tidak dapat
dijadikan model yang baik untuk anak-anak. Banyak protes yang ditujukan
kepadanya melalui surat pembaca di berbagai media cetak. Protes sebagian besar
dilakukan oleh ibu-ibu. Mereka menyatakan bahwa Shincan mempunyai kelakuan
negatif yang tenyata banyak diikuti oleh anak-anak. Tokoh Shincan memang
mempunyai karakter sebagai penebar virus yang berbahaya.
Apakah simpulan dari kutipan teks di atas?
a. Tokoh kartun Shincan dianggap tidak dapat dijadikan
model yang baik untuk anak-anak.
b. Banyak protes yang ditujukan
kepadanya melalui surat pembaca di berbagai media cetak.
c. Shincan mempunyai kelakuan
negatif yang tenyata banyak diikuti oleh anak-anak.
d. Tokoh Shincan mempunyai karakter
sebagai penebar virus yang berbahaya.
24. Apakah harapan penulis dari kutipan teks di
atas?
a. Orang tua harus memperhatikan
anak-anaknya ketika membaca komik Shincan.
b. Orang tua melarang anak-anaknya
untuk membaca komik Shincan.
c. Orang tua mendampingi anak-anaknya
ketika membaca komik Shincan.
d. Pemerintah melarang
diterbitkannya komik Shincan.
25. Bacalah teks kutipan berikut!
Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk
menghentikan kebiasaan merokoknya. Seberapa mahal pun harga rokok tidak dapat
menghentikan mereka. Misalnya, di Malaysia, harga 20 batang rokok dapat setara
dengan lima persen pendapatan buruh kasar. Di Shanghai, Cina, petani dan
perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang
dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buah sebagai kebutuhan utama
mereka. Hentikan merokok sebelum candu rokok melekat pada diri Anda.
Kalimat di atas yang menunjukkan ajakan adalah
...
a. Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk
menghentikan kebiasaan merokoknya.
b. Seberapa mahal pun harga rokok tidak dapat
menghentikan mereka.
c. Hentikan merokok sebelum candu rokok melekat
pada diri Anda.
d. Di Shanghai, Cina, petani dan
perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang
dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buah sebagai kebutuhan utama
mereka.
26. Kedisiplinan para siswa dapat dtingkatkan melalui beberapa
upaya. Melalui kegiatan ekstrakurikuler misalnya upacara
bendera, latihan baris berbaris, kepramukaan atau kegiatan paskibraka.
Tanggapan yang baik sesuai dengan
pernyataan di atas adalah .....
a. Disiplin sangat diperlukan untuk
membina mentalitas yang tangguh
b. Kedisiplinan sebenarnya akan terbentuk
langsung secara alami
c. Melalui
kegiatan ekstrakurikuler itulah akan terbina kedisiplinan yang matang dan
semangat saling menghargai
d. Dengan
jiwa yang disiplin, maka terbentuklah jiwa yang tangguh
27. Penyebab kecelakaan lalu lintas di jalan raya adalah
kesalahan pengemudi. Pengemudinya biasanya kurang sabar. Mereka saling mengebut
dan ingin mendahului. Mengantuk juga sering menjadi penyebab kecelakaan. Jarak
yang ditempuh kendaraan terlalujauh akan mengakibatkan sopir lelah dan
mengantuk sehinga mudah tabrakan dengan kendaraan lain.
Kalimat tanggapan yang sesuai dengan paragraf
tersebut adalah ....
a. Jarak terlalu jauh
mengakibatkan pengemudi kurang sabar.
b. Bila sopir, berhati-hati maka
kecelakaan tidak akan terjadi.
c. Para pengemudi biasanya mengebut dan
saling mendahului.
d. Tabrakan terjadi karena pengemudi
sering mengantuk.
28. Kecintaan ayah dan ibu kepada anaknya betul-betul cinta
yang tulus dan ikhlas tanpa kepalsuan. Ungkapan yang tepat untuk pernyataan
tersebut adalah ...
a. Cinta yang murni
b. Cinta segitiga
b. Cinta yang
buta
d. Cinta keluarga
29. Sejak
dulu dia mempunyai cita-cita berkarir di dunia musik. Dia membentuk group musik
dengan teman-temannya. Pada awalnya orang tuanya tidak mengijinkan dia berkarir
di dunia musik. Akan tetapi, sekarang orang tuanya sudah mengijinkan dan
mendukung ihtiarnya.
Kata-kata tidak baku yang terdapat dalam
paragraf tersebut adalah ....
a. Cita-cita, karir, musik,
ihtiar
b. Musik, ijin, orang tua,
ihtiar
c. Karir, group, ijin,
ihtiar
d. Sejak, lahir, sekarang,
awal
30.Kegemaran akan
bersepeda bukan main besarnya. Sambutan masyarakat terhadap lomba sepeda gembira yang
di gelar setiap bulan tidak kepalang tanggung. Kalau setiap lomba pesertanya
tidak dibatasi, penyelenggara di Kediri akan mengalami kerepotan.
Anonim kata-kata yang terecetak miring dalam paragraf di
atas adalah ....
a. Keinginan, santai,
kesulitan
b. Kebiasaan, kebanggaan, keresahan
c. Kesenangan, suka ria,
kesulitan
d. Kesukaan, riang, kesusahan
B.
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!
1. Sebutkan
dan jelaskan struktur teks ulasan!
2. Sebutkan
kaidah kebahasaan teks ulasan!
3. Sebutkan
dan jelaskan struktur teks persuasif!
4. Berikan
contoh teks persuasif!
5. Sebutkan
tujuan dari teks persuasif
0 comments:
Posting Komentar