Follow us on Facebook

Menu Pilihan

Make a Difference with education, and be the best.

Make a Difference with education, and be the best.
SELAMAT HUT REPUBLIK INDONESIA KE 77 "BERSAMA SANTRI INDONESIA PULIH LEBIH CEPAT BANGKIT LEBIH KUAT"
Jalan Raya Labuan Km.28 Kp. Tegal Rt 04/01 Desa Tegal, Kec. Cikedal, Kab.Pandeglang-Banten.42262 Telp. WA 082123111595, Email : yanuba_banten@yahoo.com website: www.yanuba.online

Minggu, 07 Juni 2020

SOAL PAT B. INDONESIA KELAS 7 SMP IT YANUBA


PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) GENAP
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
SMP IT YANUBA

                   Nama Siswa                           :
Mata Pelajaran                      : Bahasa Indonesia
Semester/Kelas                       : Il (Tujuh)
Guru Mata Pelajaran           : Maria Ulfah Ernawati, S.Pd.
                       

A.  Berilah tanda silang (X) huruf a, b, c atau d pada jawaban yang benar!

1.    Di masa sekarang, seseorang yang memiliki kepiawaian dalam membuat bait-bait pantun sangat dihargai karena…..
a.    Menunjukan bahwa orang tersebut cerdas atau terpelajar
b.    Menunjukan bahwa orang tersebut sangat menjaga warisan budaya leluhur
c.    Orang yang mempunyai kemapuan tersebut sudah jarang ditemui
d.   Semua benar
2.    Berikut adalah peran sosial puisi rakyat secara umum, kecuali…..
a.    Sebagai alat penguat budaya suatu masyarakat
b.    Sebagai alat komunikasi dalam suatu acara adat
c.    Sebagai alat penguat penyampaian pesan
d.   Sebagai materi belajar anak di sekolah
3.      Persebaran puisi rakyat yang diwariskan turun-temurun dari leluhur hingga sekarang dilakukan dengan cara…..
a.    Komunikasi lisan
b.    Tertulis
c.    Dijadikan materi pelajaran
d.   Semua benar
4.    Berikut yang bukan ciri-ciri gurindam adalah…..
a.    Tiap baris terdiri atas dua lirik (kalimat)
b.    Kalimat baris pertama berisi soal, masalah, atau perjanjian
c.    Sajak akhir setiap baris selalu sama (a-a-a-a)
d.   Berisi nasihat atau pelajaran, filosopi hidup atau kata-kata mutiara
5.    Gurindam berasal dari…..
a.    Arab
b.    Turki
c.    India
d.   Pakistan
6.    Perhatikan pernyataan berikut!
Akhirnya, Induk Domba berhasil menyelamatkan anak-anak domba dari cengkraman serigala jahat. Serigala itu tewas karena kerasukannya.
Dalam teks fabel, pernyataan tersebut sering digunakan pengarang pada tahap…..
a.    Orientasi
b.    Komplikasi
c.    Resolusi
d.   Koda
7.    Berikut merupakan fungsi kata sifat yang digunakan dalam cerita fabel, kecuali….
a.    Menggambarkan penampilan fisik tokoh
b.    Menggambarkan latar waktu, tempat, dan suasana
c.    Menggambarkan watak tokoh
d.   Menggambarkan pesan moral dan nilai budi pekerti
8.    Kalimat berikut yang menggunakan kata sifat adalah…..
a.    Si kupu-kupu menolong si semut yang terjebak di lumpur hidup
b.    Ia adalah seekor burung hantu yang sombong
c.    Si kancil menyesali perbuatannya dan mau bertobat
d.   Serigala mengamuk dan membuat seluruh penghuni hutan ketakutan
9.    Penulisan kalimat langsung yang benar berikut adalah…..
a.    Si beruang berkata, “tinggalkan saja si kucing di atas pohon”!
b.    Si tupai:”biarkan saja si kelinci tidur di sini”!
c.    “lemparkan saja pisang itu ke arah monyet yang kelaparan itu!” kata pak kelinci.
d.   “si kancil berlari sekuat tenaga mengejar kura-kura yang hampir sampai di garis finis”.
10.     Penulisan kata sandang yang benar pada kalimat berikut adalah…..
a.    Malam itu, pai-pai melihat padi-padi pak tani itu mulai dirusak sang tikus
b.    Cici terlalu kecil untuk mengimbangi tubuh sang gajah
c.    Pak beruang melemparkan pisang itu ke arah si monyet
d.   Lele hanya bisa melihat si koki sahabatnya yang tak berdaya
11.     Berikut yang bukan termasuk ciri-ciri fabel adalah…..
a.    Tokoh utamanya mengalami perubahan nasib
b.    Bertokoh binatang
c.    Berlatar alam
d.   Karakter tokohnya seperti manusia
12.     Penulisan kata depan di- yang benar berikut adalah…..
a.    Hatinya sedih karena tidak mempunyai teman yang bisa diajak berbicara dan bermain
b.    Aku akan berhati-hati agar duri di tubuhku tidak menusuk kalian
c.    Ketika si landak sedang melamun dipinggir sungai, seekor kura-kura menghampirinya
d.   Dia tidak terima melihat teman-temanya di tangkap serigala
13.     Kalimat yang menggunakan kata baku berikut adalah…..
a.    Cici si cicak yang cerdik rajin membantu neneknya karena ia anak yang rajin
b.    Si belalang tidak tahu bahwa si burung hantu tua telah menjebaknya
c.    Ibu kodok menganggap anaknya sebagai anugerah Tuhan yang sangat berharga
d.   Burung hantu yang bijak berpikir bahwa tidak ada gunanya berdebat dengan si belalang
14.     Puisi berikut ini yang termasuk pantun adalah .....
a.    Oh, Tuhan
Biar aku menjadi embunmu
Memancarkan terangmu
Sampai aku lenyap olehnya
b.    Anak nelayan menangkap pari
Sampan karam melanggar karang
Amatlah malang nasibku ini
Ayah tiada ibu pun berpulang
c.    Perteguh jua alat perahumu
Hasilkan bekal air dan kayu
Dayung pengasuh taruh di situ
Supaya laju perahumu itu
d.   Baik ditanam batang padi 
Jauhkan tampang anak pisang
Halau sapi dalam rimba  
Adakah penyayang orang ini
15.     Dengan ilmu engkau terjaga
Dari suramnya waktu dan masa
Cemerlang akan senantiasa
Menyinari dirimu di masa dewasa

Puisi di atas berbentuk ....
a. Pantun                                    

b.Gurindam
c. Syair
d. Puisi Baru                               
16.     Puisi Rakyat
Pergi melaut membawa jala
Jala ditebar sambil mengingat
Meski hidup banyak kendala
Haruslah kita selalu semangat
Puisi Baru
Habis bulan terima gaji
Debet kredit dihitung ulang
Sekali ini harta sendiri
Membuat pusing kepala pening
Masuk kiri keluar kanan
Perbedaan puisi rakyat dengan puisi baru tersebut adalah ....
a.    Puisi rakyat mudah dimengerti, puisi baru sulit dipaham
b.    Puisi lama mementingkan isi, puisi baru mementingkan bahas
c.    Puisi lama terikat berisi nasihat, puisi baru kisah
d.   Puisi lama terikat persajakan, puisi baru tidak terikat jumlah baris
17.     Bait puisi rakyat berisi tentang ....
a. Kegiatan seorang nelayan menebar jala.
b. Setiap hari dalam kehidupan banyak kendala.
c. Hidup harus semangat meskipun banyak masalah.
d. Pentingnya bekerja dengan semangat.
18.     Bacalah gurindam di bawah ini untuk menjawab soal nomor 18 dan 19
Berbaktilah kamu kepada ibumu
niscaya surga akan bertemu
Gurindam di atas berisi tentang ....
a. Bakti
b. Nasihat
c. Berkah
d. Harapan
19.     Larik kedua gurindam di atas terdiri dari ..... suku kata.
a. 9
b. 8
c. 10
d. 11
20.     Perhatikan pantun berikut.
Aduh-aduh si bunga ... (1)
Daunnya lebat seperti ... (2)
Aku sering mendengar ... (3)
Adik punya sahabat ... (4)
Kata yang tepat digunakan untuk melengkapi pantun tersebut adalah ....
a. (1) anggrek, (2) hujan, (3) lagu, (4) dayang.
b. (1) mawar, (2) sapu, (3) suara, (4) pujaan.
c. (1) mawar, (2) waru, (3) kabar, (4) baru.
d. (1) melati, (2) duri, (3) cerita, (4) hati.
21.     Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 21 dan 22.
Pada zaman dahulu kala hiduplah keluarga kura-kura yang sangat rukun. Akan tetapi, banyak di sekeliling mereka yang iri dengan keluarga kura-kura. Suatu hari, Bara si Kura-kura ingin pergi mencari makan. Saat di jalan Bara bertemu dengan Rodi si Kuda. “Hei kamu, kura-kura yang lambat sini kamu!” kata Rodi.
Teks tersebut termasuk teks fabel karena ....
a. Menceritakan kisah hidup seseorang
b. Menceritakan asal-usul terjadinya suatu tempat
c. Berisi tentang penggambaran karakter tokoh
d. Menggunakan tokoh hewan yang dapat bertingkah seperti manusia.
22.     Pesan moral yang dapat diambil dari penggalan teks tersebut adalah ....
a. Selalu hiduplah rukun dengan keluarga
b. Janganlah memiliki sifat iri terhadap sesama
c. Sebaiknya saling menegur dengan tetangga
d. Janganlah memaksakan kehendak kepada sesame
23.     Kancil sudah diberi mentimun oleh Pak Tani. Rupanya, ia tetap ingin mengambil mentimun di kebun Pak Tani. Sang Kancil pun mengambil mentimun itu. “Kancil, bisanya mencuri!” teriak Pak Tani ketika memergoki kancil. Watak tokok kancil pada cerita di atas adalah ....
a. Cerdik
b. Malas
c. Nakal
d. Rakus
24.     Bacalah teks berikut untuk nomor 24 dan 25.
Gora dan Gori adalah dua gorila bersaudara. Walaupun bersaudara, sifat mereka berdua sangat berbeda. Gora sang kakak adalah anak rajin dan bersih, sedangkan Gori, sang adik, malas dan jorok. Uff, terkadang Gora harus menutup hidung kalau ada di dekat Gori. Badan Gori kotor dan bau. Gori senang bermain lumpur tetapi malas mandi.
Amanat yang ingin disampaikan oleh pengarang dalam kutipan cerita tersebut adalah ....
a. Jangan malas mandi
b. Saling mengingatkan sesama saudara
c. Selalu menjaga kebersihan badan 
d. Mandi lumpur menyehatkan
25.     Sudut pandang kutipan cerita tersebut adalah ....
a. Orang ketiga di dalam cerita
b. Oang ketiga di luar cerita
c. Orang pertama pelaku utama
d. Orang pertama pelaku sampingan
26.     Bacalah teks berikut. Konon, di tepi desa damai hiduplah sepasang merpati yang amat rukun. Mereka sedang membuat rumah. Keluarganya amat rukun karena yakin bahwa setelah rumahnya jadi, mereka akan segera menempatinya dengan tenang. Dalam struktur teks fabel, bagian teks tersebut adalah ....
a. Koda
b. Solusi
c. Komplikasi
d. Orientasi
27.     Berikut yang merupakan bagian struktur fabel berupa komplikasi adalah ....
a.    Ketika sang elang terbang, kura-kura berseru. “Hai, temanku. Persahabatan membutuhkan rasa saling berbagi. Aku menghargaimu dan engkau pun menghargaiku. Namun engkau permainkan persahabatan ini. Sebaiknya engkau pergi saja.”
b.    Dengan marah ia mematuk sang kura-kura. Namun, berkat tempurung sang kura-kura yang keras, kura-kura tetap aman. Dengan sedihnya sang kura-kura berkata “Aku telah melihat persahabatan macam apa yang engkau tawarkan. Baiklah, antarkan aku pulang.” “Baiklah” jawab Elang. namun timbul pikiran jahat pada diri sang elang. Aku akan menjatuhkanmu dan memakan sisa-sisa dirimu, pikir elang keji.
c.    Mereka senang dapat memperoleh tempat bermukim yang layak, aman, dan tenteram. Mereka pun yakin bahwa nantinya akan hadir sepasang anak merpati yang sehat.
d.   Dahulu kala, hiduplah seekor kura-kura dan seekor burung elang. Mereka jarang bertemu karena kura-kura lebih banyak menghabiskan waktu di semak-semak. Namun, itu tidak menghalangi elang untuk mengunjungi temannya, sang Kura-kura.
28.     Konon, di sebuah hutan rimba hiduplah seekor Harimau besar yang di juluki Raden Harimau. Perbaikan penggunaan kata depan dalam kutipan cerita tersebut adalah ....
a. Disebuah menjadi di sebuah
b. Disebuah menjadi di sebuah
c. Disebuah menjadi disebuah di juluki menjadi dijuluki di juluki menjadi dijuluki
d. Disebuah menjadi Di sebuah dijuluki menjadi dijuluki di juluki menjadi Dijuluki
29.     Penggunaan kata sandang yang tepat adalah ...
a. “Bagaimana caranya agar si Kecil rajin belajar?”tanya Ibu.
b. Kedua orang itu, Si Kecil dan Si Kancil adalah pembantu di pasar.
c. Hari itu, Si gori bermain lumpur hingga badannya kotor.
d. Akhirnya, si Puti berhasil membuat sarangnya yang indah.
30.     Berikut yang merupakan ciri kalimat langsung dan kalimat tidak langsung adalah .... Kalimat Langsung Kalimat Tidak Langsung
a.       Kalimat yang melaporkan perkataan orang lain. Kalimat yang diucapkan langsung oleh orang yang dituju.
b.      Tidak menggunakan tanda petik Menggunakan tanda petik
c.       Kata ganti orang pertama dan orang kedua Terdapat perubahan kata ganti orang
d.      Intonasi membaca datar Intonasi membaca tinggi


B.  Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!
1.    Sebutkan ciri-ciri pantun!
2.    Buatlah 2 buah pantun!
3.    Sebutkan dan jelaskan struktur cerita fabel!
4.    Sebutkan ciri-ciri fabel!
5.    Buatlah sebuah cerita fabel!


0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes