PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT) GENAP
TAHUN PELAJARAN
2019/2020
SMP IT YANUBA
Nama
Siswa :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Semester/Kelas :
Il (Tujuh)
Guru Mata Pelajaran : Maria Ulfah Ernawati, S.Pd.
A.
Berilah
tanda silang (X) huruf a, b, c atau d pada jawaban yang benar!
1. Di
masa sekarang, seseorang yang memiliki kepiawaian dalam membuat bait-bait
pantun sangat dihargai karena…..
a. Menunjukan
bahwa orang tersebut cerdas atau terpelajar
b. Menunjukan
bahwa orang tersebut sangat menjaga warisan budaya leluhur
c. Orang
yang mempunyai kemapuan tersebut sudah jarang ditemui
d. Semua
benar
2. Berikut
adalah peran sosial puisi rakyat secara umum, kecuali…..
a. Sebagai
alat penguat budaya suatu masyarakat
b. Sebagai
alat komunikasi dalam suatu acara adat
c. Sebagai
alat penguat penyampaian pesan
d. Sebagai
materi belajar anak di sekolah
3. Persebaran
puisi rakyat yang diwariskan turun-temurun dari leluhur hingga sekarang
dilakukan dengan cara…..
a. Komunikasi
lisan
b. Tertulis
c. Dijadikan
materi pelajaran
d. Semua
benar
4. Berikut
yang bukan ciri-ciri gurindam adalah…..
a. Tiap
baris terdiri atas dua lirik (kalimat)
b. Kalimat
baris pertama berisi soal, masalah, atau perjanjian
c. Sajak
akhir setiap baris selalu sama (a-a-a-a)
d. Berisi
nasihat atau pelajaran, filosopi hidup atau kata-kata mutiara
5. Gurindam
berasal dari…..
a. Arab
b. Turki
c. India
d. Pakistan
6. Perhatikan
pernyataan berikut!
Akhirnya, Induk Domba berhasil
menyelamatkan anak-anak domba dari cengkraman serigala jahat. Serigala itu
tewas karena kerasukannya.
Dalam teks fabel, pernyataan
tersebut sering digunakan pengarang pada tahap…..
a. Orientasi
b. Komplikasi
c. Resolusi
d. Koda
7. Berikut
merupakan fungsi kata sifat yang digunakan dalam cerita fabel, kecuali….
a. Menggambarkan
penampilan fisik tokoh
b. Menggambarkan
latar waktu, tempat, dan suasana
c. Menggambarkan
watak tokoh
d. Menggambarkan
pesan moral dan nilai budi pekerti
8. Kalimat
berikut yang menggunakan kata sifat adalah…..
a. Si
kupu-kupu menolong si semut yang terjebak di lumpur hidup
b. Ia
adalah seekor burung hantu yang sombong
c. Si
kancil menyesali perbuatannya dan mau bertobat
d. Serigala
mengamuk dan membuat seluruh penghuni hutan ketakutan
9. Penulisan
kalimat langsung yang benar berikut adalah…..
a. Si
beruang berkata, “tinggalkan saja si kucing di atas pohon”!
b. Si
tupai:”biarkan saja si kelinci tidur di sini”!
c. “lemparkan
saja pisang itu ke arah monyet yang kelaparan itu!” kata pak kelinci.
d. “si
kancil berlari sekuat tenaga mengejar kura-kura yang hampir sampai di garis
finis”.
10. Penulisan
kata sandang yang benar pada kalimat berikut adalah…..
a. Malam
itu, pai-pai melihat padi-padi pak tani itu mulai dirusak sang tikus
b. Cici
terlalu kecil untuk mengimbangi tubuh sang gajah
c. Pak
beruang melemparkan pisang itu ke arah si monyet
d. Lele
hanya bisa melihat si koki sahabatnya yang tak berdaya
11. Berikut
yang bukan termasuk ciri-ciri fabel adalah…..
a. Tokoh
utamanya mengalami perubahan nasib
b. Bertokoh
binatang
c. Berlatar
alam
d. Karakter
tokohnya seperti manusia
12. Penulisan
kata depan di- yang benar berikut adalah…..
a. Hatinya
sedih karena tidak mempunyai teman yang bisa diajak berbicara dan bermain
b. Aku
akan berhati-hati agar duri di tubuhku tidak menusuk kalian
c. Ketika
si landak sedang melamun dipinggir sungai, seekor kura-kura menghampirinya
d. Dia
tidak terima melihat teman-temanya di tangkap serigala
13. Kalimat
yang menggunakan kata baku berikut adalah…..
a. Cici
si cicak yang cerdik rajin membantu neneknya karena ia anak yang rajin
b. Si
belalang tidak tahu bahwa si burung hantu tua telah menjebaknya
c. Ibu
kodok menganggap anaknya sebagai anugerah Tuhan yang sangat berharga
d. Burung
hantu yang bijak berpikir bahwa tidak ada gunanya berdebat dengan si belalang
14. Puisi berikut ini yang termasuk pantun adalah .....
a. Oh, Tuhan
Biar
aku menjadi embunmu
Memancarkan
terangmu
Sampai
aku lenyap olehnya
b. Anak nelayan menangkap pari
Sampan
karam melanggar karang
Amatlah
malang nasibku ini
Ayah
tiada ibu pun berpulang
c. Perteguh jua alat perahumu
Hasilkan
bekal air dan kayu
Dayung
pengasuh taruh di situ
Supaya
laju perahumu itu
d. Baik ditanam batang padi
Jauhkan
tampang anak pisang
Halau
sapi dalam rimba
Adakah
penyayang orang ini
15. Dengan ilmu engkau terjaga
Dari suramnya waktu dan masa
Cemerlang akan senantiasa
Menyinari dirimu di masa dewasa
Puisi di atas berbentuk ....
a. Pantun
b.Gurindam
Dari suramnya waktu dan masa
Cemerlang akan senantiasa
Menyinari dirimu di masa dewasa
Puisi di atas berbentuk ....
a. Pantun
b.Gurindam
c. Syair
d. Puisi Baru
16. Puisi Rakyat
Pergi melaut membawa jala
Jala ditebar sambil mengingat
Meski hidup banyak kendala
Haruslah kita selalu semangat
Puisi Baru
Habis bulan terima gaji
Debet kredit dihitung ulang
Sekali ini harta sendiri
Membuat pusing kepala pening
Masuk kiri keluar kanan
Pergi melaut membawa jala
Jala ditebar sambil mengingat
Meski hidup banyak kendala
Haruslah kita selalu semangat
Puisi Baru
Habis bulan terima gaji
Debet kredit dihitung ulang
Sekali ini harta sendiri
Membuat pusing kepala pening
Masuk kiri keluar kanan
Perbedaan puisi rakyat dengan puisi baru tersebut adalah ....
a. Puisi rakyat mudah
dimengerti, puisi baru sulit dipaham
b. Puisi lama mementingkan isi, puisi baru
mementingkan bahas
c. Puisi lama terikat berisi nasihat, puisi baru
kisah
d. Puisi lama terikat persajakan, puisi baru tidak
terikat jumlah baris
17. Bait puisi rakyat berisi tentang ....
a. Kegiatan seorang nelayan menebar jala.
b. Setiap hari dalam kehidupan banyak kendala.
c. Hidup harus semangat meskipun banyak masalah.
d. Pentingnya bekerja dengan semangat.
a. Kegiatan seorang nelayan menebar jala.
b. Setiap hari dalam kehidupan banyak kendala.
c. Hidup harus semangat meskipun banyak masalah.
d. Pentingnya bekerja dengan semangat.
18. Bacalah gurindam di bawah ini untuk menjawab soal nomor 18
dan 19
Berbaktilah kamu kepada ibumu
niscaya surga akan bertemu
Gurindam di atas berisi tentang ....
a. Bakti
b. Nasihat
c. Berkah
d. Harapan
Berbaktilah kamu kepada ibumu
niscaya surga akan bertemu
Gurindam di atas berisi tentang ....
a. Bakti
b. Nasihat
c. Berkah
d. Harapan
19. Larik kedua gurindam di atas terdiri dari ..... suku kata.
a. 9
b. 8
c. 10
d. 11
a. 9
b. 8
c. 10
d. 11
20. Perhatikan pantun berikut.
Aduh-aduh si bunga ... (1)
Daunnya lebat seperti ... (2)
Aku sering mendengar ... (3)
Adik punya sahabat ... (4)
Kata yang tepat digunakan untuk melengkapi pantun tersebut adalah ....
a. (1) anggrek, (2) hujan, (3) lagu, (4) dayang.
b. (1) mawar, (2) sapu, (3) suara, (4) pujaan.
c. (1) mawar, (2) waru, (3) kabar, (4) baru.
d. (1) melati, (2) duri, (3) cerita, (4) hati.
Aduh-aduh si bunga ... (1)
Daunnya lebat seperti ... (2)
Aku sering mendengar ... (3)
Adik punya sahabat ... (4)
Kata yang tepat digunakan untuk melengkapi pantun tersebut adalah ....
a. (1) anggrek, (2) hujan, (3) lagu, (4) dayang.
b. (1) mawar, (2) sapu, (3) suara, (4) pujaan.
c. (1) mawar, (2) waru, (3) kabar, (4) baru.
d. (1) melati, (2) duri, (3) cerita, (4) hati.
21. Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 21 dan 22.
Pada zaman dahulu kala hiduplah keluarga kura-kura yang sangat rukun. Akan tetapi, banyak di sekeliling mereka yang iri dengan keluarga kura-kura. Suatu hari, Bara si Kura-kura ingin pergi mencari makan. Saat di jalan Bara bertemu dengan Rodi si Kuda. “Hei kamu, kura-kura yang lambat sini kamu!” kata Rodi.
Teks tersebut termasuk teks fabel karena ....
a. Menceritakan kisah hidup seseorang
b. Menceritakan asal-usul terjadinya suatu tempat
c. Berisi tentang penggambaran karakter tokoh
d. Menggunakan tokoh hewan yang dapat bertingkah seperti manusia.
Pada zaman dahulu kala hiduplah keluarga kura-kura yang sangat rukun. Akan tetapi, banyak di sekeliling mereka yang iri dengan keluarga kura-kura. Suatu hari, Bara si Kura-kura ingin pergi mencari makan. Saat di jalan Bara bertemu dengan Rodi si Kuda. “Hei kamu, kura-kura yang lambat sini kamu!” kata Rodi.
Teks tersebut termasuk teks fabel karena ....
a. Menceritakan kisah hidup seseorang
b. Menceritakan asal-usul terjadinya suatu tempat
c. Berisi tentang penggambaran karakter tokoh
d. Menggunakan tokoh hewan yang dapat bertingkah seperti manusia.
22. Pesan moral yang dapat diambil dari penggalan teks tersebut
adalah ....
a. Selalu hiduplah rukun dengan keluarga
b. Janganlah memiliki sifat iri terhadap sesama
c. Sebaiknya saling menegur dengan tetangga
d. Janganlah memaksakan kehendak kepada sesame
a. Selalu hiduplah rukun dengan keluarga
b. Janganlah memiliki sifat iri terhadap sesama
c. Sebaiknya saling menegur dengan tetangga
d. Janganlah memaksakan kehendak kepada sesame
23. Kancil sudah diberi mentimun oleh Pak Tani. Rupanya, ia tetap
ingin mengambil mentimun di kebun Pak Tani. Sang Kancil pun mengambil mentimun
itu. “Kancil, bisanya mencuri!” teriak Pak Tani ketika memergoki kancil. Watak
tokok kancil pada cerita di atas adalah ....
a. Cerdik
b. Malas
c. Nakal
d. Rakus
a. Cerdik
b. Malas
c. Nakal
d. Rakus
24. Bacalah teks berikut untuk nomor 24 dan 25.
Gora dan Gori adalah dua gorila bersaudara. Walaupun bersaudara, sifat mereka berdua sangat berbeda. Gora sang kakak adalah anak rajin dan bersih, sedangkan Gori, sang adik, malas dan jorok. Uff, terkadang Gora harus menutup hidung kalau ada di dekat Gori. Badan Gori kotor dan bau. Gori senang bermain lumpur tetapi malas mandi.
Amanat yang ingin disampaikan oleh pengarang dalam kutipan cerita tersebut adalah ....
a. Jangan malas mandi
b. Saling mengingatkan sesama saudara
c. Selalu menjaga kebersihan badan
d. Mandi lumpur menyehatkan
Gora dan Gori adalah dua gorila bersaudara. Walaupun bersaudara, sifat mereka berdua sangat berbeda. Gora sang kakak adalah anak rajin dan bersih, sedangkan Gori, sang adik, malas dan jorok. Uff, terkadang Gora harus menutup hidung kalau ada di dekat Gori. Badan Gori kotor dan bau. Gori senang bermain lumpur tetapi malas mandi.
Amanat yang ingin disampaikan oleh pengarang dalam kutipan cerita tersebut adalah ....
a. Jangan malas mandi
b. Saling mengingatkan sesama saudara
c. Selalu menjaga kebersihan badan
d. Mandi lumpur menyehatkan
25. Sudut pandang kutipan cerita tersebut adalah ....
a. Orang ketiga di dalam cerita
b. Oang ketiga di luar cerita
c. Orang pertama pelaku utama
d. Orang pertama pelaku sampingan
a. Orang ketiga di dalam cerita
b. Oang ketiga di luar cerita
c. Orang pertama pelaku utama
d. Orang pertama pelaku sampingan
26. Bacalah teks berikut. Konon, di tepi desa damai hiduplah
sepasang merpati yang amat rukun. Mereka sedang membuat rumah. Keluarganya amat
rukun karena yakin bahwa setelah rumahnya jadi, mereka akan segera menempatinya
dengan tenang. Dalam struktur teks fabel, bagian teks tersebut adalah ....
a. Koda
b. Solusi
c. Komplikasi
d. Orientasi
a. Koda
b. Solusi
c. Komplikasi
d. Orientasi
27. Berikut yang merupakan bagian struktur fabel berupa
komplikasi adalah ....
a.
Ketika
sang elang terbang, kura-kura berseru. “Hai, temanku. Persahabatan membutuhkan
rasa saling berbagi. Aku menghargaimu dan engkau pun menghargaiku. Namun engkau
permainkan persahabatan ini. Sebaiknya engkau pergi saja.”
b.
Dengan marah
ia mematuk sang kura-kura. Namun, berkat tempurung sang kura-kura yang keras,
kura-kura tetap aman. Dengan sedihnya sang kura-kura berkata “Aku telah melihat
persahabatan macam apa yang engkau tawarkan. Baiklah, antarkan aku pulang.”
“Baiklah” jawab Elang. namun timbul pikiran jahat pada diri sang elang. Aku
akan menjatuhkanmu dan memakan sisa-sisa dirimu, pikir elang keji.
c.
Mereka
senang dapat memperoleh tempat bermukim yang layak, aman, dan tenteram. Mereka
pun yakin bahwa nantinya akan hadir sepasang anak merpati yang sehat.
d.
Dahulu
kala, hiduplah seekor kura-kura dan seekor burung elang. Mereka jarang bertemu
karena kura-kura lebih banyak menghabiskan waktu di semak-semak. Namun, itu
tidak menghalangi elang untuk mengunjungi temannya, sang Kura-kura.
28. Konon, di sebuah hutan rimba hiduplah seekor Harimau besar
yang di juluki Raden Harimau. Perbaikan penggunaan kata depan dalam kutipan
cerita tersebut adalah ....
a. Disebuah menjadi di sebuah
b. Disebuah menjadi di sebuah
c. Disebuah menjadi disebuah di juluki menjadi dijuluki di juluki menjadi dijuluki
d. Disebuah menjadi Di sebuah dijuluki menjadi dijuluki di juluki menjadi Dijuluki
a. Disebuah menjadi di sebuah
b. Disebuah menjadi di sebuah
c. Disebuah menjadi disebuah di juluki menjadi dijuluki di juluki menjadi dijuluki
d. Disebuah menjadi Di sebuah dijuluki menjadi dijuluki di juluki menjadi Dijuluki
29. Penggunaan kata sandang yang tepat adalah ...
a. “Bagaimana caranya agar si Kecil rajin belajar?”tanya Ibu.
b. Kedua orang itu, Si Kecil dan Si Kancil adalah pembantu di pasar.
c. Hari itu, Si gori bermain lumpur hingga badannya kotor.
d. Akhirnya, si Puti berhasil membuat sarangnya yang indah.
a. “Bagaimana caranya agar si Kecil rajin belajar?”tanya Ibu.
b. Kedua orang itu, Si Kecil dan Si Kancil adalah pembantu di pasar.
c. Hari itu, Si gori bermain lumpur hingga badannya kotor.
d. Akhirnya, si Puti berhasil membuat sarangnya yang indah.
30. Berikut yang
merupakan ciri kalimat langsung dan kalimat tidak langsung adalah .... Kalimat
Langsung Kalimat Tidak Langsung
a. Kalimat yang
melaporkan perkataan orang lain. Kalimat yang diucapkan langsung oleh orang
yang dituju.
b. Tidak menggunakan tanda petik Menggunakan tanda petik
c. Kata ganti orang pertama dan orang kedua Terdapat perubahan
kata ganti orang
d. Intonasi membaca datar Intonasi membaca tinggi
B.
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas!
1. Sebutkan
ciri-ciri pantun!
2. Buatlah
2 buah pantun!
3. Sebutkan
dan jelaskan struktur cerita fabel!
4. Sebutkan
ciri-ciri fabel!
5. Buatlah
sebuah cerita fabel!
0 comments:
Posting Komentar